Laman

Jumat, 16 November 2012

FUNGSI RELAY UNTUK LAMPU DEPAN


Fungsi relay untuk lampu mobil - Mungkin sempat muncul pertanyaan tentang apa fungsi relay yang di gunakan untuk relay tambahan pada lampu mobil.

Fungsi relay secara umum adalah untuk mengalirkan arus listrik lebih besar dengan menggunakan sistem pengendali dengan arus listrik kecil.

Contoh sebuah tombol yang kecil pada sistem starter elektrik sepeda motor tidak akan sanggup untuk mengalirkan arus listrik yang besar untuk menghidupkan motor starter tanpa adanya bantuan dari relay. Karena tombol starter akan cepat rusak,hangus dan tidak bisa di gunakan jika tidak ditambahkan relay untuk mengalirkan arus listrik besar yang di butuhkan motor starter.

Hal yang sama juga berlaku untuk sistem otomotif lain, dimana sebuah sirkuit untuk mengalirkan listrik dengan arus besar dengan pengendalian arus listrik kecil akan selalu diperlukan sebuah relay. Lihat prinsip kerja relay.
Fungsi relay untuk lampu mobil, sesuai dengan judul fungsi relay atau relay tambahan untuk lampu mobil adalah:
  1. Untuk mempersingkat arus listrik yang masuk ke lampu sehingga membuat lampu bisa lebih terang. Karena tidak melewati jalur yang panjang yang mungkin dari sepanjang jalur saklar kombinasi sampai lampu terdapat soket yang mulai korosi sehingga membuat nyala lampu depan kurang terang.
  2. Untuk melindungi saklar kombinasi atau switch lampu besar dari panas dan menegah agar saklar lampu tidak meleleh.
  3. Bisa dianggap lebih ekonomis memasang relay tambahan untuk headlamp, karena jika switch lampu di kemudi rusak karena meleleh, harganya jauh lebih mahal, dari pada pengeluaran biaya untuk pasang relay tambahan.
4.  Relay tambahan pada lampu depan ini juga digunakan untuk pemakaian watt lampu atau daya lampu yang lebih besar misalnya 130/100 watt agar tidak merusak saklar lampu.
Di toko sparepart mobil dengan mudah kita akan menemukan relay untuk lampu depan mobil yang sudah dirangkai, ada yang menggunakan dua relay atau tiga relay atau empat relay, tinggal colokan ke soket-soket lampu dan positif-negatif aki.

Harga relay tambahan untuk lampu depan mobil komplit dengan kabel,skun,soket dan sekring ini berada di kisaran 100 ribu sampai 180 ribu rupiah. Sedangkan harga relay perbiji yang bisa dipakai untuk keperluan buat relay lampu sendiri bervariasi mulai dari 25 ribu perbiji bisa di temui di toko-toko sparepart mobil baik yang Normaly Open atau 4 kaki dan atau NO/NC 5 kaki. 

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus